3 Jenis Digital Printing untuk Mencetak Berbagai Produk

Digital Printing

Dalam dunia percetakan, ada beberapa macam teknik cetak yang dikategorikan berdasarkan teknik dan peralatan yang digunakan untuk proses cetak tersebut. Salah satu teknik cetak yang saat ini banyak digunakan di berbagai percetakan adalah teknik digital printing. Proses cetak dengan teknik ini dinilai lebih menghemat biaya sehingga Anda tidak perlu membayar terlalu mahal untuk mencetak produk yang Anda inginkan. 

Teknik cetak digital juga dinilai lebih fleksibel karena Anda bisa mencetak dalam skala atau kuantitas kecil, bahkan Anda bisa mencetak dengan jumlah satuan. Selain itu, kualitas cetak yang dihasilkan juga cenderung lebih tajam dibanding menggunakan teknik cetak yang masih tradisional. Dalam dunia percetakan, teknik cetak digital ini dibagi kedalam beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis produk yang hendak Anda cetak. 


Teknik cetak digital wide format


Sesuai dengan namanya, teknik cetak digital dengan jenis wide format ini merupakan teknik untuk mencetak media yang ukurannya cukup besar. Biasanya ukuran yang ditetapkan sebagai ukuran wide format adalah media yang memiliki ukuran di atas 3,2 meter dan ukuran maksimalnya adalah 5 meter. 

Anda bisa menggunakan teknik cetak digital wide format ketika Anda hendak mencetak sesuatu yang besar seperti baliho, giant banner, billboard, atau spanduk yang biasanya akan digunakan untuk peletakkan di sudut-sudut jalan raya atau ruangan outdoor lainnya. 

Tinta yang digunakan untuk teknik pencetakan ini adalah tinta solvent. Tinta ini dikenal lebih keras dan lebih tahan lama dibanding tinta jenis lainnya sehingga bisa membuat hasil cetak bertahan lama meskipun disimpan di luar ruangan dan terkena terik matahari. 

Teknik cetak digital large format premium


Jenis digital printing selanjutnya adalah teknik cetak digital large format premium. Jenis pencetakan ini adalah pencetakan yang khusus mencetak media-media yang ukurannya di bawah 2 meter. Untuk proses cetak media-media dalam jenis ini, mesin cetak yang digunakan adalah mesin cetak yang berukuran sekitar 1 hingga 2,6 meter. Anda bisa menggunakan teknik ini ketika Anda perlu mencetak produk-produk seperti x-banner atau roll banner. 

Selain banner, jenis large format premium juga digunakan untuk mencetak media seperti foto atau poster, seperti berbagai poster yang sering Anda temukan di mall atau restoran. Teknik cetak digital jenis ini juga bisa mencetak stiker. Bahkan bukan hanya media-media seperti itu saja, Anda juga bisa menggunakan teknik cetak digital large format premium untuk mencetak berbagai desain pada media-media seperti kaos, tas, bahkan pada jok mobil atau motor.

Teknik cetak digital offset


Teknik cetak digital jenis ini sedikit mirip dengan teknik offset. Anda bisa menggunakan teknik cetak digital offset untuk mencetak desain dalam bentuk-bentuk seperti buku, kartu nama, atau kalender pribadi. Teknik cetak digital jenis ini umumnya hanya menggunakan ukuran cetak pada media A3+ saja. 

Itulah beberapa jenis teknik digital printing yang bisa Anda temui di berbagai perusahaan jasa percetakan. Jenis-jenis teknik cetak digital tadi bisa Anda pilih sesuai kebutuhan produk yang hendak Anda cetak. Setelah menentukan jenis teknik digital yang tepat untuk produk Anda, selanjutnya Anda juga harus memilih perusahaan percetakan yang terpercaya dan memiliki kualitas pencetakan yang baik. Untuk berbagai keperluan cetak digital Anda, Anda bisa mempercayakannya pada Snapy, perusahaan percetakan terbaik untuk berbagai keperluan cetak Anda. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi 5G yang Semakin Menambah Kenyamanan Ketika Menggunakan Internet

Media Online Terbaik Tentang Berita Internasional Terbaru Hari Ini

Cincin Berlian Cara Simple Tuk Jadi Pusat Perhatian