Ketahuilah Ciri – Ciri Berlian Asli dan Replika

model cincin berlian favorit
Jika anda menginginkan untuk membeli sebuah model cincin berlian favorit anda, anda harus tahu cara membedakan berlian asli dan replika.  Tentu, pada akhirnya anda akan kecewa, jika ternyata selama ini anda hanya sedang merawat berlian palsu. Maka dari itu ketahuilah ciri - cirinya sebagai berikut;

Ciri – Ciri Berlian Asli yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli


1. Berlian asli tidak mudah retak 


Kita semua tahu bahwa berlian adalah benda terkeras yang ada di bumi. Dengan karakteristiknya tersebut, jika anda mempunyai sebuah weeding ring dari berlian, maka akan sangat kecil terjadinya kemungkinan bahwa berlian akan retak. 

Tingkat kekerasan berlian dikatakan bisa mencapai 10 Skala Mohs. Nah, dengan tingkat kekerasannya tersebut, jika anda membeli cincin berlian lalu berlian menjadi retak saat hanya berbenturan ringan dengan sebuah benda, maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu. 

2. Berlian asli tidak mudah tergores


Berlian adalah benda terkeras yang diproduksi oleh bumi, dengan begitu, berlian bisa menggores apapun dengan mudah  karena sifatnya yang keras.  Bahkan, jika anda goresan ke kaca, berlian tersebut tidak akan tergores, namun malah kacanya yang tergores. Jika Anda punya sebuah cincin berlian, lalu menggoreskan berliannya ke kaca, dan ternyata setelah anda goreskan ke kaca lalu berlian tersebut yang  tergores, maka bisa jadi berlian itu palsu

3. Bisa memantulkan cahaya


Berlian yang asli adalah berlian yang mampu merefleksikan sebuah cahaya pada setiap sisinya. Refleksi cahaya tersebutlah yang bisa membuat berlian menjadi berkilau pada setiap sisinya. Berbeda jika berlian tersebut adalah palsu, biasanya, berlian palsu hanya akan terlihat berkilau pada bagian atas saja. 

4. Pencerminan yang tidak terlalu jelas


Selanjutnya adalah berlian yang asli pencerminan nya tidak terlalu jelas. Mungkin selama ini anda mengira, bahwa sebuah benda bisa terlihat jelas apabila diletakkan di balik cincin berlian.  Namun, sayangnya hal tersebut salah. Fakta membuktikan, Bahwa nyatanya cincin berlian tidak bisa merefleksikan cahaya dengan jelas. 

Untuk menguji hal ini, cobalah letakkan objek tulisan dibalik berlian yang anda punya. Jika ternyata tulisan tersebut bisa anda baca dengan jelas, maka bisa jadi berlian tersebut pasu. Hal tersebut bisa terjadi karena Sisi-sisi berlian asli Tidak bisa membiaskan sebuah cahaya dalam sebuah garis lurus. Berlian membiaskan cahaya ke arah lain. Maka jika anda meletakan objek dibalik berlian, harusnya tidak akan terbaca. 

5. Tidak bisa berkabut


Berlian yang asli tidak akan berkabut. Nah, untuk mengujinya, anda bisa menghembuskan nafas ke berlian tersebut. Apabila kabut hasil hembusan nafas anda menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut bisa dikatakan asli. Namun, jika tidak segera menghilang, kemungkinan besar adalah palsu.  

6. Tidak bisa panas, Tidak hancur saat di panaskan dan Tidak bisa mengapung di air


Berlian adalah benda yang mampu menyebarkan panas dengan cepat sehingga tidak bisa berkabut. Lalu, berlian mempunyai material yang sangat kuat sebagai benda terkeras di bumi, sehingga tidak mudah hancur dengan panas, apalagi mengapung. 

7. Memiliki Sertifikat


Ini adalah yang paling penting, sebuah berlian asli pasti memiliki sertifikat. Lembaga – lembaga yang mengeluarkan sertifikat terhadap berlian ini antara lain. 
GIA (Geomological Institite America)
AGS (American Gem Society)
EGL (European Geomological Laboratory)
IGI (International Geomological Instute)
HRD (Hoge Raad voor Diamant)

Seperti itulah ciri – ciri dan cara – cara untuk membedakan apakah model cincin berlian favorit anda asli atau hanya replika. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah berlian. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi 5G yang Semakin Menambah Kenyamanan Ketika Menggunakan Internet

Cincin Berlian Cara Simple Tuk Jadi Pusat Perhatian

Media Online Terbaik Tentang Berita Internasional Terbaru Hari Ini