Ketahui Penyebab Ruam Anak Dan Cara Mengatasinya

Seiring pertumbuhan usia anak selain memperhatikan akan tumbuh kembangnya sebagai orang tua juga penting memperhatikan akan apa saja yang bisa menghalangi tumbuh kembang anak tersebut. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu seperti gangguan pada kulit anak dengan timbulnya bercak-bercak merah yang membuat kulitnya kering dan melepuh. Kondisi ini sering disebut dengan ruam anak biasanya terjadi pada area sekitar bokong, paha, bahkan bisa juga ke alat kelamin anak.

Ketika anak mengalami ruam sebagai orang tua yang pertama wajib dilakukan jangan panik, tetapi coba cari penyebab dari ruam anak ini. Pada umumnya ruam ini sering terjadi karena pemakaian popok yang terlalu lama atau terlalu ketat. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi di kulit sehingga menimbulkan ruam anak. Selain itu ada beberapa penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan ruam anak seperti berikut ini.

  1. Konsumsi makanan yang baru untuk anak. Beberapa jenis makanan tertentu yang diberikan untuk anak sebagai MPASI mulai dari buah-buahan yang asam bisa berpengaruh untuk tinja anak. Efeknya bisa membuat iritasi pada kulit anak terutama bagian bokong yang nantinya mengakibatkan adanya ruam. Selain itu jika anak masih menyusui dan belum makan-makanan  lain selain ASI maka bisa jadi penyebabnya dari makanan yang dikonsumsi ibunya.
  2. Kulit bayi yang sensitif. Sensitivitas kulit bayi berbeda dengan orang dewasa yang mudah  mengalami masalah kulit. Terlebih bagi bayi yang mengalami masalah kulit seperti eksim atau dermatitis atopik, maka potensi terkena ruam bisa tinggi.
  3. Iritasi penggunaan produk bayi. Berbagai produk bayi terutama produk kebersihan seperti sabun, tisu basah, bedak, dan yang lainnya juga bisa mengakibatkan iritasi kulit bayi yang nantinya menjadikan ruam.
  4. Adanya infeksi dari jamur dan bakteri. Bagian pada bokong dan alat kelamin bayi yang selalu bersentuhan dengan popok memiliki kelembaban yang tinggi dibandingkan anggota tubuh yang lainnya. Hal ini membuat kulit mudah terkena infeksi bakteri dan jamur yang mengganggu.
  5. Konsumsi antibiotik. Konsumsi antibiotik dari ibu yang sedang menyusui bisa beresiko membuat anak mengalami ruam. Sehingga untuk pemakaian antibiotik sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Setelah mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab ruam anak, selanjutnya ketahui juga apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua saat anaknya mengalami ruam. Dari berbagai cara yang dapat dilakukan berikut ini diantaranya.

  1. Pastikan sebelum mengganti popok anak cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih
  2. Jika popok sudah basah bahkan sampai terkena tinja sebaiknya sesegera mungkin diganti
  3. Bersihkan bagian kulit anak anda yang selalu tertutup popok dengan kain yang memiliki bahan lembut
  4. Dalam membersihkan area kulit bayi yang tertutup popok lakukan dengan air bersih, jika memungkinkan gunakan sabun bayi khusus atau bisa juga menggunakan tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi.
  5. Jika perlu anda bisa menggunakan krim atau salep khusus untuk bayi pada bagian kulit yang mengalami ruam. Dengan cara ini sebagai obat supaya ruam yang terjadi bisa cepat sembuh.
  6. Sebelum memakaikan popok kembali pastikan bagian kulit yang dipakaikan salep telah kering dan bersih, sehingga aman saat dipakaikan popok.
  7. Jika masalah ruam pada kulit bayi tidak juga hilang setelah beberapa hari bahkan ruam yang ada bertambah parah sebaiknya bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Rambut Pria Menarik Dan Sehat

Retail Wedding Ring Jakarta Frank & Co

Teknologi 5G yang Semakin Menambah Kenyamanan Ketika Menggunakan Internet