Cara Menyapih Anak yang Efektif

Menyapih merupakan proses menghentikan bayi mengkonsumsi ASI atau Air Susu Ibu melalui puting. Momen ini terdengar sederhana namun ternyata sangat sulit dilakukan, terutama bagi ibu muda yang baru pertama memiliki anak. Tidak perlu kebingungan lagi, berikut ini cara menyapih anak yang efektif untuk dicoba:

Ketahui Ciri-Ciri dan Usia Anak Siap Disapih

Hal pertama yang paling penting adalah mengetahui ciri-ciri anak siap disapih. Beberapa ciri-cirinya yaitu tidak ingin menyusu, waktu menyusu lebih singkat, hanya bermain saat menyusu, dan menyusu untuk mendapatkan kenyamanan. Biasanya anak disapih mulai dari usia 1 tahun hingga 2 tahun.

Lakukan Perlahan

Anda tidak bisa langsung menghentikan pemberian ASI begitu saja, menyapih anak harus dilakukan secara perlahan. Berikan Si Kecil waktu untuk bisa berhenti menyusu dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

Kenalkan Minum Menggunakan Gelas

Beberapa orang tua menyapih dengan menggunakan botol. Dibandingkan botol, gelas ternyata dianggap jauh lebih efektif. Mendapatkan minuman dari gelas membuat Si Kecil tidak terbiasa dengan dot.

Lewati Waktu Menyusu

Cara menyapih anak selanjutnya yaitu dengan melewatkan waktu menyusu. Ganti waktu menyusu tersebut dengan memberikan susu pertumbuhan. Lihat reaksi Si Kecil setelah mengganti susunya.

Persingkat Waktu Menyusu

Anda juga bisa mempersingkat waktu menyusu untuk menyapih Si Kecil. Sebagai contoh jika Si Kecil biasanya menyusu selama 8 menit, persingkat saja menjadi 4 hingga 5 menit. Anda juga bisa memberikan camilan sesuai dengan usia Si Kecil untuk mengganti susu tersebut.

Tunda Waktu Menyusui

Tunda waktu menyusui yaitu dengan mengurangi intensitasnya dalam sehari. Apabila Si Kecil minta ASI, sampaikan pada mereka jika akan diberikan nanti. Carikan aktivitas atau hal lain yang mampu mengalihkan perhatian mereka. Setelah waktunya, Anda bisa memberikan ASI dalam jumlah terbatas. Lakukan pengurangan secara bertahap hingga Si Kecil berhenti minum ASI.

Itulah cara menyapih anak yang efektif untuk dicoba. Jika sudah berhasil disapih, Anda bisa memberikan susu pertumbuhan Nestle Dancow. Susu tersebut bisa dipilih sesuai tahapan usia Si Kecil. Informasi mengenai produk Nestle Dancow beserta tahapan usianya dapat Anda lihat di www.dancow.co.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips untuk Desain Ruang Tamu Minimalis Terlihat Elegan

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Sedang Mandi

5 Tips Aman Tinggal di Apartemen Alam Sutera Bersama Balita