7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari

Insomnia atau susah untuk tidur merupakan masalah yang tidak asing bagi orang dewasa. Pasalnya tidak sedikit orang dewasa yang mengalami masalah tersebut. Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak ternyata juga bisa mengalami masalah susah tidur. Anak susah tidur tentu saja membuat orang tua merasa kerepotan dan kebingungan. Pasalnya jika waktu tidur kurang, anak cenderung akan lebih rewel dan mood-nya buruk. Sebelum mengatasi masalah yang terjadi pada Si Kecil, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya berikut ini:

Terlambat Tidur

Anak-anak suka bermain gadget atau menonton TV di malam hari. Akibatnya mereka terlambat pergi tidur karena keasyikan dengan mainannya. Hal tersebut ternyata menjadi salah satu penyebab Si Kecil susah tidur. Pasalnya anak yang terlambat tidur pasti waktu tidurnya semakin larut. Akibatnya bisa menjadi kebiasaan dan anak menjadi susah tidur di waktu yang tepat.

Merasa Tidak Nyaman

Rasa tidak nyaman bisa membuat anak sulit untuk tidur. Beberapa contohnya yaitu kamar yang panas, pengap, gaduh, terlalu dingin, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda wajib menyediakan kamar yang nyaman untuk Si Kecil. Kamar tersebut juga bisa membuat tidur anak menjadi lebih nyenyak dan lelap sehingga kualitas tidurnya terjaga.

Merasa Stres dan Khawatir

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa stres. Anak-anak juga bisa merasa stres dan khawatir. Jika anak mulai merasa stres dan khawatir, maka mereka akan sulit untuk tidur. Hal tersebut juga terjadi pada orang dewasa yang stres. Contoh beberapa hal yang mungkin bisa membuat anak stres dan khawatir adalah pekerjaan sekolah yang belum selesai, takut dimarahi guru, dan lain sebagainya.

Ketakutan

Anak yang takut kegelapan atau takut tidur sendiri biasanya juga akan susah tidur. Bahkan ketakutan menjadi salah satu penyebab utama anak susah tidur. Pasalnya mereka mulai berimajinasi apa yang akan terjadi di kegelapan dan keheningan. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, hal tersebut akan berkurang seiring usia yang semakin dewasa.

Mengalami Mimpi Buruk

Mimpi buruk yang terjadi pada anak biasanya langsung membuat mereka susah tidur. Anak khawatir jika tidur mimpinya akan kembali lagi. Mimpi buruk yang terjadi pada anak lebih banyak disebabkan oleh tontonan, cerita atau dongeng, dan lain sebagainya. Anda harus mengawasi apa yang mereka tonton untuk menghindari mimpi buruk atau ketakutan pada mimpi buruk yang menyebabkan susah tidur.

Mengonsumsi Kafein

Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi saja. Zat yang dikenal mampu membuat mata terjaga ini juga terkandung dalam minuman berenergi dan soda. Jika Si Kecil mengkonsumsi minuman berkafein sebelum tidur, maka mereka biasanya akan lebih sulit untuk tidur. Hindari pemberian minuman berkafein ketika anak akan tidur agar mereka bisa lelap.

Terjadi Perubahan Besar

Adanya perubahan besar pada kehidupan anak bisa membuatnya menjadi sulit tidur. Orang dewasa saja bisa sulit tidur karena perubahan, apalagi anak-anak. Beberapa contoh perubahan tersebut yaitu pindah ke tempat dengan iklim berbeda, sakit, dan lain-lain. Butuh adaptasi agar Si Kecil mampu menerima perubahan yang terjadi.

Itulah beberapa penyebab anak susah tidur yang mungkin belum Anda ketahui. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk Anda yang bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, Anda bisa bergabung dengan platform profesional bertajuk Nutricia Professional. Platform ini menyajikan ilmu pengetahuan baru seputar pediatri dan juga nutrisi anak. Website resmi Nutricia Professional yang bisa Anda akses yaitu www.nutriciaprofessional.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekolah Animasi Pilihan Terbaik dan Unggulan Hanya di IDS

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Sedang Mandi

5 Tips untuk Desain Ruang Tamu Minimalis Terlihat Elegan