7 Cara Setting Cincin Berlian Wanita yang Paling Populer


Apakah Anda pernah mendengar istilah setting pada cincin berlian? Bagi mereka yang suka mengoleksi cincin berlian, istilah ini mungkin tidak begitu asing. Namun lain halnya dengan Anda yang masih awam dan belum pernah membeli cincin sebelumnya. Setting pada cincin berlian wanita sendiri merujuk pada cara memasang batu berlian pada sebuah cincin. Sedikit banyak, setting cincin ternyata berpengaruh pada keseluruhan model cincin yang Anda beli.

Apabila berniat membeli cincin berlian, ada baiknya Anda mengenal macam-macam cara setting cincin yang paling populer. Jadi Anda bisa menentukan mana setting yang cocok untuk dipilih. Setidaknya ada tujuh cara setting yang digemari yaitu sebagai berikut:

Pave Setting

Cara setting yang pertama dikenal dengan nama pave setting. Setting jenis ini melapisi berlian di seluruh permukaan cincin. Biasanya cincin dengan pave setting menggunakan banyak berlian namun dengan ukuran yang lebih kecil. Berlian-berlian kecil yang digabung secara berdempetan menghasilkan tampilan berlian yang lebih besar. Karena berasal dari Bahasa Perancis, pave dibaca seperti pa-vay.


Channel Setting

Secara bahasa, channel berarti saluran sehingga pasti orang-orang akan berpikir bahwa setting ini mirip dengan saluran. Anggapan tersebut tidak salah karena channel setting memang membentuk saluran yang melingkar. Bentuk berlian pada channel setting beragam mulai dari oval hingga kotak.

Bar Setting

Cara setting cincin berlian asli selanjutnya yang paling populer adalah bar setting. Pengaturan berlian pada jenis setting ini menggunakan pembatas. Jadi antara satu berlian dengan berlian lainnya dibatasi oleh logam yang tipis. Fungsi dari lapisan penyekat yaitu sebagai tempat untuk berlian kecil yang mengelilingi cincin.

Gypsy Setting

Gypsy setting biasanya digunakan pada cincin yang memiliki permukaan lebar. Berlian akan dimasukkan pada bagian tengah begitu saja. Jadi bagian permukaan cincin tetap terlihat sama rata. Dibandingkan cincin wanita, gypsy setting lebih sering digunakan untuk cincin pria. Pasalnya tampilannya lebih maskulin dan misterius.

Prong Setting

Prong setting termasuk jenis setting yang bisa membuat cincin tampak sangat mewah. Pada umumnya, cincin dengan prong setting menggunakan berlian yang ditumpuk di atas logam membentuk bunga yang sedang mekar. Pengaitnya cukup beragam sesuai dengan desain cincin, ada yang 3, 4, atau 6. Semakin banyak pengait maka berlian akan semakin tertahan dengan baik.

Bezel Setting

Bezel setting lebih banyak digunakan pada cincin berlian asli berdesain simple atau minimalis. Jika digunakan pada cincin mewah, bezel setting tampak membuat cincin semakin berlebihan. Ada satu berlian yang digunakan sebagai pusat kemudian dikelilingi oleh logam yang melingkari sebagai bezel. Cincin simple atau minimalis yang menggunakan bezel setting membuat berlian tampak lebih besar.

Eternity Band

Eternity band memiliki model setting dengan memasukan berlian dalam cincin. Ada rongga yang tersisa di bagian belakang cincin. Berlian dari cincin ini dibuat mengelilingi lingkaran cincin. Karena ukuran berlian tidak besar, cincin akan terlihat elegan dan tidak berlebihan. Cincin dengan eternity band biasanya digunakan untuk cincin nikah atau tunangan.

Itulah cara setting cincin berlian wanita yang paling populer dan disukai. Mana nih jenis setting yang Anda sukai? Setelah menentukan jenis setting favorit, Anda bisa menambah koleksi cincin berlian dari Mondial Jeweler. Beragam cincin wanita dengan model setting yang berbeda-beda ditawarkan untuk Anda. Koleksi yang sedang disukai saat ini adalah Dreams Twist Ring yang memiliki desain dinamis. Jika tertarik mengenal lebih jauh mengenai Dreams Twist Ring dari Mondial Jeweler, Anda bisa mengakses website www.mondialjeweler.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips untuk Desain Ruang Tamu Minimalis Terlihat Elegan

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Sedang Mandi

5 Tips Aman Tinggal di Apartemen Alam Sutera Bersama Balita