Kenali Faktor 4C untuk Menilai Kualitas Cincin Berlian Asli



Meskipun batu permata lain sudah semakin populer, namun berlian masih menjadi batu permata paling disukai oleh wanita. Hal tersebut lantaran berlian memiliki kualitas dan tingkat kekerasan lebih tinggi dibandingkan batu permata lain. Level kekuatan berlian mencapai angka 10 Mohs. Sedangkan batu permata lain hanya di bawah 9 Mohs saja seperti ruby dan sapphire. Namun selain level kekuatannya, Anda juga harus mengetahui faktor 4C untuk menilai kualitas cincin berlian asli.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua cincin berlian terjangkau adalah cincin palsu. Bisa saja cincin tersebut asli namun kualitas berliannya tidak tinggi. Oleh sebab itu, Anda wajib memahami faktor 4C berikut ini:

Color atau Warna

Faktor pertama yang menentukan kualitas cincin berlian adalah color atau warna. Berlian tanpa warna atau colorless merupakan berlian dengan kualitas terbaik. Warna pada berlian bisa muncul karena beberapa hal seperti radiasi, tekanan tinggi, suhu tinggi, dan lain sebagainya. 

Anda bisa menemukan berlian dengan warna putih hingga kuning. Namun warna tersebut hanya berlaku pada berlian putih saja, berlian warna lainnya tidak menggunakan grade yang sama. Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), warna berlian dikelompokkan berdasarkan skala D sampai Z. 

Berlian colorless yang terbaik memiliki skala warna D, sedangkan berlian terburuk memiliki warna Z. Jika kualitasnya tinggi, maka harganya pun semakin tinggi.

Clarity atau Kejernihan

Faktor yang menentukan kualitas cincin berlian asli selanjutnya adalah clarity atau kejernihan. Kejernihan berbeda dengan warna yang telah dijelaskan sebelumnya. Faktor ini menunjukkan ada atau tidaknya tanda cacat pada berlian. Pasalnya kilauan akan semakin redup jika terlalu banyak inklusi atau tanda cacat.

Skala kejernihan paling tinggi disebut FL atau flawless. Sedangkan level di bawahnya adalah internally flawless atau IF, VVS, VS, dan I. Berlian dengan kualitas FL dan IF sangat langka dan mahal. Biasanya kualitas VVS atau VS saja sudah cukup bagus untuk cincin Anda.

Carat Weight atau Berat Karat

Carat weight ini tidak sama dengan istilah karat yang Anda temukan pada emas. Pasalnya carat weight pada berlian adalah bobot dari berlian itu sendiri. Nilai 1 karat adalah 200 miligram atau 0,2 gram, begitu pula dengan kelipatannya. 

Jika ingin membeli cincin berlian asli, Anda disarankan untuk membeli carat yang tidak biasa. Misalnya 0,349 atau carat tak biasa lainnya. Pasalnya carat tersebut memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan angka di atasnya, namun harganya lebih murah karena angkanya lebih sedikit. Jadi Anda bisa hemat budget secara maksimal.

Cut atau Potongan

Faktor terakhir yang mempengaruhi kualitas cincin berlian Anda adalah cut atau potongan. Dibandingkan clarity dan color, nyatanya cut termasuk faktor yang lebih penting. Cut atau potongan yang presisi mempengaruhi kilau cahaya yang dihasilkan berlian. Padahal keindahan cincin berlian terletak di kilauannya.

Skala potongan berlian dari yang terbaik yaitu signature ideal, ideal, very good, good, fair, dan poor. Anda wajib memilih potongan berlian terbaik yaitu signature ideal atau terkadang juga disebut excellent.

Itulah pembahasan mengenai faktor 4C untuk menilai kualitas cincin berlian asli. Jika menginginkan cincin berlian berkualitas dengan harga terjangkau, Anda bisa membelinya di The Palace. Salah satu koleksi yang harganya terjangkau adalah Moela Collection. Berlian yang digunakan memiliki grade warna H dan kejernihan VS. Sedangkan kadar karatnya adalah kadar terbaik yaitu 18K atau 75%. Jika ingin melihat-lihat model cincin, Anda bisa mengunjungi www.thepalacejeweler.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan Mengikuti Program Pinjaman Agunan Bpkb Mobil

Cara Publikasi Usaha Paling Ampuh Saat Pandemi

3 Langkah Memilih Giwang Berlian Asli